Friday, May 25, 2012

[55] Ngigau Lagi...Lagi-lagi Ngigau

Bismillah. Assalamualaikum,,Sobat..
Sepertinya sudah cukup lama gak posting lagi#plak..dasar males:D. Postingan kali ini aku tertarik dengan kata "MENGIGAU" alias nglindur. Because what??(baca:karena apa??#hehe..ngawur bahasane). Akhir-akhir ini aku baru nyadar kalo aku punya kebiasaan #aduh...jangan dooong*_*# mengigau.
Ceritanya, kemarin waktu konsinyering di sebuah hotel, kebetulan aku sekamar sama Mbak R*tno dan Bu R*rin. Mungkin sekitar jam setengah 3 pagi kali ya,,aku dibangunin sama Mbak R*tno. Nah, abis bangun itu , masih dengan sedikit bingung, tapi aku langsung conect knapa mbaknya bangunin aku..
"Tadi aku ngomong apaan Mbak? NTP bulanan gitu bukan?:D"
"Oalah...iya,,banyak tapi aku lupa, ada indeept2 gitu juga. Kupikir ni anak kenapa...mo presentasi? Tak biarin aja awalnya,, ntar kalo masih terus baru kubangunin, eh..ternyata sampe satu kalimat panjang. Ngigau kok ilmiah banget,,ckckck"
"Haha...gak tau ah mbak. Aku sadarnya cuma kata2 terakhir itu, NTP bulanan".
Udah, setelah itu aku tidur lagi karena wktu itu jam 12 lewat dikit aku baru tidur.Nah...sobat tau? besoknya Bu R*rin ikutan komentar...
"Iya tuh,,kiraen lg telpon atau apa..ehh..gak taunya ngigau, sampe panjang satu kalimat kayak njelasin konsep definisi", haduh...sumpah, malu aku.
"Karna stress kali tuh, udah Nik...kerjaan gak usah trlalu dipikirin, wkwk", Mbak R*tno masih aja ngledek aku, sambil ketawa...aku tambah maluu........
Stress pekerjaan?? Ahh..perasaan aku gak ada stess2nya, enjoy aja. malah wktu itu sampe malem aku cuma ngenet.
Malem berikutnya setelah konsi ternyata aku ngigau lagi, gak jauh2 dari kerjaan bps,,hadeeuh..
Dan ngigau untuk yang ketiga kalinya,,temenku yang jadi saksi#halah,,apasih:D#, tapi yang ini beda, bukan soal kerjaan, katanya aku ketawa sendiri#oh noo...kok semakin parah yak>,<
Nah, berlatar belakang itulah akhirnya aku searching2 ke mbah google. Dari beberapa referensi yang kubaca, intinya menyebutkan kalo penyebab mengigau-atau disebut dengan somniloquy-belum diketahui secara jelas. Tapi meski demikian dapat dikatakan faktor penyebab paling sederhananya bisa jadi karena kelelahan, konsumsi minuman beralkohol sebelum tidur, bisa juga akibat demam tinggi, stres kejiwaan, dan pengaruh obat-obatan tertentu. Ada juga yang mengatakan bahwa mengigau bisa terjadi karena faktor keturunan.
SOMNILOQUY adalah suatu bentuk masalah tidur yang dikenal sebagai parasomnia yang juga merupakan gangguan tidur seperti berjalan sambil tidur,anggota badan yang bergerak secara berkala pada saat tidur, gigi menggiling, dan sindrom kaki gelisah. Gangguan ini biasanya terjadi saat fase tidur REM (Secara umum, tidur manusia terdiri dari dua tipe: REM (Rapid Eye Movement) dan NREM (Non Rapid Eye Movement)).
Tidur jenis REM bukanlah tidur yang dalam, karena disertai pergerakan bola mata yang cepat di balik kelopak mata. Meski demikian kadang disertai gerakan-gerakan anggota tubuh seperti tangan dan kaki, tidur jenis REM tetap terjadi di luar kesadaran. Dalam tidur jenis ini, tubuh beristirahat, tetapi otak tetap bekerja. Mimpi atau mengigau biasanya hadir di dalam tidur jenis ini. 
Sedangkan tidur jenis NREM bisa dikatakan sebagai tidur nyenyak. Dalam tidur jenis ini, tidak hanya tubuh yang beristirahat, tapi juga pikiran. Tidur jenis ini dibagi menjadi dua kategori, NREM Light Sleep dan NREM Deep Sleep. NREM Deep Sleep adalah jenis tidur dengan kualitas terbaik bagi manusia.
Hmm...jadi penasaran...sayang gak ada CCTV di kamarku, wkwk..jd gak bisa tau gmn rangkaian kata2 indah ngawur itu deh:D 

4 comments:

  1. ya allah ini orang hebat banget, ngigau aja mengigaukan hal hal ilmiah ckckck hebat mbak hebaaaaaaat, baru nemu saya orang kayak mbak akakkakakakka

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha...ktawanya gak enak tu ah..ikut2an ngejek aja nih,,cariin solusinya Nggit, musti diapain ini?:D

      Delete
  2. Replies
    1. waduh,,jadi takut ni...peringatan gimana maksudnya, mas Darmawan?

      Delete