Monday, August 15, 2011

[28] Review Film Kungfu Panda

Dapet tugas buat review film dr matkul psikologi sosial, iseng2 aku coba share di sini ya, semoga bermanfaat, it's just my opinion. Bagi yang belum nonton,,filmnya recommended deh..
Let's cekidot......................

Review Film Kungfu Panda

Kungfu Panda, sebuah film yang dari namanya saja mungkin kita sudah bisa tahu bahwa ia bercerita tentang kungfu, dengan lakon seekor Panda. Tapi jika hanya menebak dari judul, tanpa menonton filmnya langsung, kita tidak akan pernah tahu bagaimana detail alur ceritanya, kita tidak akan pernah tahu dialog-dialog cerdas sarat makna yang ada di dalamnya.
Dari dialog-dialog yang ada, hikmah yang bisa diambil dari film ini antara lain:
  • ·         Kesuksesan berawal dari sebuah impian
Film ini menceritakan tentang perjalanan Po…panda besar gemuk yang punya impian untuk menjadi seorang dragon warrior. Yupz, berawal dari mimpi. Kesuksesan-kesuksesan besar yang dialami oleh seseorang memang seringkali berawal dari mimpi. Mereka berani bermimpi, dan berani berusaha untuk mewujudkan mimpi itu. Seperti Po, setelah mimpi yang ia alami, saking terobsesinya dengan sosok dragon warrior, dengan gigih ia  berusaha untuk ikut menyaksikan ajang pemilihan sang dragon warrior oleh Master Oogway. Sampai akhirnya takdir memilihnya untuk menjadi prajurit naga yang sesungguhnya.
  • ·         There are no accident
Kata-kata yang diucapkan oleh Master Oogway untuk menyangkal anggapan Master Shifu bahwa terpilihnya Po menjadi prajurit naga hanya sebuah kebetulan. Yang bisa kita ambil dari sini yaitu, bahwa segala hal yang terjadi di dunia ini tidak ada yang namanya kebetulan, semuanya sudah diatur oleh Sang Maha Kuasa. Hal ini sejalan dengan sebuah ayat dalam Al Qur’an dimana disebutkan : “ Dan kunci-kunci semua yang ghaib ada pada-Nya; tidak ada yang mengetahui selain Dia. Dia mengetahui apa yang ada di darat dan di laut. Tidak ada sehelai daun pun yang gugur yang tidak diketahuiNya. Tidak ada sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak tidak pula sesuatu yang basah atau yang kering, yang tidak tertulis dalam kitab yang nyata ( Lauhful Mahfuz).”(QS Al An’am:59)
  • ·         You just need to believe, percaya bahwa kamu bisa, kita bisa!
Master Shifu yang awalnya meragukan kemampuan Po untuk menjadi seorang dragon warrior, akhirnya bisa diyakinkan oleh Master Oogway, bahwa kunci untuk mencapai kesuksesan adalah kepercayaan. Kepercayaan pada kemampuan diri sendiri dan kemampuan orang lain ketika kita berusaha untuk membuatnya sukses seperti yang kita harapkan. Percaya pada kemampuan akan memberikan kekuatan luar biasa, di sinilah peran kekuatan persepsi positif dan kekuatan pikiran. Dalam sebuah buku yang pernah saya baca, The Empowered Mind, Graham Scott menyatakan bahwa untuk mengatasi ketakutan dalam mencapai tujuan,  seseorang hanya membutuhkan rasa percaya diri dan melakukan apa yang harus dilakukan untuk menjadikannya kenyataan dan tetap mempertahankan keyakinan itu, yaitu keyakinan bahwa ia bisa.
  • ·         Hari kemarin adalah sejarah, hari esok adalah misteri, tapi hari ini adalah hadiah
Kekhawatiran Master Shifu akan bebasnya Tai Lung dan keraguannya pada prajurit naga terpilih, Po, membuatnya terkungkung dalam ketakutan yang mendalam. Dalam sebuah dialog yang lain, Master Oogway berkata bahwa pikiran itu seperti air, saat ia terusik maka akan lebih sulit untuk melihat, tetapi jika dibiarkan untuk tenang dahulu maka jawabannya menjadi jelas. Dalam hidup ini jangan sampai pikiran kita terjebak oleh kesalahan atau kegagalan masa lalu, atau diliputi ketakutan akan masa depan yang belum pasti. Yang harus kita syukuri adalah bahwa kita masih bisa menikmati hari ini, maka lakukan yang terbaik untuk hari ini. Ada kalimat menarik dalam buku Laa Tahzan  karya Dr. Aidh Al Qarni,
 ‘Aku hanya akan hidup hari ini, maka aku akan mengucapkan, “Wahai masa lalu yang telah berlalu dan selesai, tenggelamlah seperti mataharimu. Aku tak akan pernah menangisi kepergianmu, dan kamu tidak akan pernah melihatku termenung sedetikpun untuk mengingatmu. Kamu telah meninggalkan kami semua, pergi dan tak pernah kembali lagi. Wahai masa depan, engkau masih dalam kegaiban. Maka aku tidak akan pernah bermain dengan khayalan dan menjual diri hanya untuk sebuah dugaan. Aku pun tak bakal memburu sesuatu yang belum tentu ada, karena esok hari mungkin tak ada sesuatu. Esok hari adalah sesuatu yang belum diciptakan dan tidak ada satu pun darinya yang dapat disebutkan.” So…Lakukan hal terbaik hari ini!
  • Bila kita tidak mencoba kita tidak akan pernah tahu
Po yang pada awalnya tidak pernah punya keahlian kungfu ditantang oleh Master Shifu untuk melakukan latihan kungfu seperti yang dilakukan Lima Sekawan, hingga akhirnya tanpa sengaja ia merasakan bagaimana sensasi ‘dihajar’ oleh perangkat-perangkat yang ada. Yupz…ada kalanya dalam hidup ini kita perlu mencoba hal-hal baru untuk mengukur sejauh mana kemampuan kita. Kita tidak akan pernah tahu bahwa kita punya keahlian lebih, selama kita tidak mencoba.
  • Jalan sejati menuju kemenangan adalah dengan menemukan kelemahan lawanmu
Dalam mencapai tujuan, seringkali kita dihadapkan dengan berbagai tantangan dan hambatan, yang mungkin bisa kita analogikan sebagai ‘musuh’ atau ‘lawan’. Untuk mencapai kemenangan-sukses meraih tujuan-yang diperlukan adalah mengenali dan menemukan kelemahan lawan kita. Dengan begitu kita bisa mengeluarkan jurus yang tepat untuk menghadapinya.
  • ·         Prajurit sejati tidak akan pernah menyerah
Kita bisa belajar dari semangat Po, yang tak pernah menyerah untuk menjadi dragon warrior  yang sesungguhnya, meski pada awalnya keahlian kungfu nya nol. Po punya alasan untuk tetap bertahan dan pantang menyerah, karena ia percaya, ia akan dan bisa berubah (menjadi mahir kungfu) jika ada orang yang mau merubahnya. Begitupun kita. Kita seharusnya punya alasan untuk tetap bertahan menghadapi tantangan dalam mewujudkan mimpi kita. Punya alasan untuk tetap menjadi orang baik dan melakukan hal-hal yang baik demi menolong orang lain. Seperti yang dilakukan oleh Po, ia tahu bahwa dengan menjadi dragon warrior berarti ia turut berkontribusi dalam menolong orang lain dan menciptakan kedamaian bagi penduduk lembah. So, tetap hadapi hari ini dengan semangat pantang menyerah dan keyakinan bahwa asa itu dapat diraih.
  • ·         Untuk membuat sesuatu menjadi special kita hanya perlu menganggapnya special, there are no secret ingredients
Sesuatu menjadi spesial karena kita menganggapnya spesial. Po akhirnya menemukan rahasia kekuatan tak terbatas, bahwa bukan gulungan naga yang telah memberikan kekuatan pada dirinya, tapi dirinya sendirilah yang bisa menciptakan kekuatan itu, kekuatan yang timbul dari kepercayaan bahwa ia special, ia adalah seorang dragon warrior yang akan memberikan kedamaian pada penduduk lembah. Dan itu berhasil!
  • Lakukan dengan caramu sendiri
Master Shifu akhirnya bisa menemukan bahwa jalan untuk bisa melatih Po agar menguasai kungfu adalah dengan menggunakan sesuatu yang disukai Po, yaitu makanan, tidak bisa disamakan seperti yang dilakukannya pada Lima Sekawan. Setiap kita punya cara yang berbeda untuk melakukan suatu hal. Belajar misalnya; ada orang yang tipe belajarnya visual, audio, atau kinestetis. Masing-masing melakukan dengan cara yang sesuai dengan dirinya. Cara Master Shifu ini bisa diaplikasikan ketika kita mengajarkan sesuatu kepada orang lain. Kenali cara apa yang paling tepat untuk mentransfer ilmu kita kepada orang tersebut, sehingga apa yang kita lakukan menjadi efektif dan efisien.
  • ·         Dukungan dari orang-orang dekat sangat berarti
Dari ayahnya lah Po akhirnya menemukan rahasia gulungan naga. Kasih sayang serta perhatian dari keluarga dan orang-orang terdekat sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan, karena itu akan memberikan kekuatan luar biasa untuk kembali bangkit, terutama ketika kita hampir menyerah dan mengalami keputus-asaan.

No comments:

Post a Comment