Monday, February 13, 2012

[48] Balada Hari Ini_Pak, Jangan Tilang Kami Doong*_*

Hari ini just ngerjain pe er, tak ada belajar matematika, jadi sekitar jam delapan kami udh selesai. Selanjutnya giliran Latifa belajar. Tak seperti adiknya, ia lebih suka belajar matematika. Sekitar lima belas menit berjalan, lima soal tentang pecahan telah diselesaikan. Kemudian ia memintaku menjelaskan tentang materi berikutnya, masih tentang pecahan-penjumlahan dan pengurangan pecahan. Alhamdulillah, jam setengah sembilan lewat sepuluh menit akhirnya selesai juga. Biasanya aku pulang dianter sama papa/mamanya adek lesku sampe ketemu angkot di jalan, tapi hari ini kulihat dirumah agak sepi, aku sudah menduga kalo mereka masih ada urusan di luar.
“Dek, mbak pulang dulu ya”, Ikhlas dan kakaknya, Ridho, masih nonton TV di deket ruang makan.
“Iya mbak..”
“Dek Tifa, mbak pulang dulu ya..”
“Bentar mbak, tak telfonin mamaku dulu”, dia masih sibuk dengan hapenya.
“Udah, gak usah..mbak jalan aja. Deket koq, masih jam segini juga”, aku berjalan menuju pintu.
“Mbak.”
“Eh, ya kenapa?”, aku menoleh
“Salim dulu, hehe..”
“O iya,,lupa, hehe.. yaudah mbak pamit dulu ya”, jabat tangannya mengantarkanku di pintu keluar.
“Jangan lupa dikunci pintunya ya.”
“Iya mbak.”
***
Aku berjalan menyusuri Manuhua Raya. Sekitar 100 meter berjalan, tiba2 sebuah motor mendekat dan akhirnya berhenti disebelahku #waduh, mau apa ni orang..nodong? Ngrampok? Atau...?# Hehe...tenang, aku sama sekali gak berprasangka macem2 dengan orang itu, yang ternyata setelah agak jelas, ia adalah seorang ibu2.
“Permisi mbak, tau mess Bambang Sapto...emm..Saptodadi atau apa gitu mbak saya lupa?”
“Alamatnya apa buk?”
“di jalan Manuhua mbak”
“Oh, ini jalan Manuhua buk, tapi kalo mess yang ibu maksud saya kurang tau ya..adanya mess manuhua, itu di depan”, aku menunjuk sebuah bangunan yang terletak sekitar 20 meter di depanku sebelah kiri jalan.
“Bentar Buk, coba saya tanya dulu”, kebetulan ada mas2 pake seragam yang menuju ke pintu gerbang sebuah rumah. Tempatku mengajar adalah sebuah kompleks TNI AU di Halim. Si mas ini kemungkinan adalah anak buah yang setiap harinya ditugaskan menjaga rumah dinas atasannya.
Aku menyeberang untuk menghampiri mas2 sang penjaga.
“Maaf mas mau nanya, tau Mess Bambang Saptoo...Sapto apa buk tadi?, aku mencari pencerahan.
“Emm..Saptodadi atau apa gitu mas”, lanjut sang Ibu
“Nama orangnya siapa buk?”
“Pak Sudirman, mas. Letkol Sudirman. Saya tadi tu udah muter-muter tapi belum ketemu, ini ada titipan dari temen di Aceh buat si bapak, besok mau berangkat ke Timika katanya, jadi malam ini harus dikasih.”
“Saya telpon bapaknya dulu deh mas, nanti tolong mas aja yang ngomong ya”
Beberapa menit kemudian hape si Ibu sudah berpindah ke tangan mas2 tadi. Aku sedikit mendengarkan apa yang dikatakan oleh si mas.
“Mbak tau tempatnya? Pulangnya kemana mbak, ntar bareng saya aja”
“Iya buk, rumah sakitnya saya tau, di sebelah sana”
“Katanya deket Mess apa tadi mas, alamatnya di jalan apa?”
“Err...itu aja mbak, ke rumah sakit, nanti nanya ke petugas yang di pos depan, pasti tau”
#Yaelah mas,,kayaknya tadi udah lumayan lama ngomong ma bapaknya, kok masih kagak ngerti-_-“#
“Oh..yaudah mas, makasih ya”
“Ayo Buk,,nanti lewat sana”, kataku menunjuk arah.
Akhirnya aku dibonceng si Ibuk.
“Makasih ya, Mbaak...siapa namanya?”
“Ninik, buk”
“Owh mbak ninik, saya Kurniawati. Tinggalnya dimana mbak?
“Saya di Otista buk.”
“Owh..saya di Kalibata mbak, kompleks Garuda. Mbak abis dari mana tadi?”
“Ini..baru selesai ngajar buk”
“Wah,,jauh ya mbak. Saya nggak ngerti daerah sini mbak, ni tadi udah muter2. Di sini kalo mau nanya susah mbak, gak ada orang”
“Hehe...iya buk, soalnya rumahnya halamannya luas2”
“Ntar belok kanan buk, itu rumah sakitnya”
Sampai di rumah sakit aku langsung menuju ke pos satpam. Pertanyaan yang sama kulontarkan kepada Bapak2 yang ada.
“Owh....Mess Bambang Saptoadji maksudnya?”
“O..iya pak itu”
“Dari sini ke kanan ikuti jalan, sampe pertigaan belok kiri mentok, di ujung jalan sebelah kiri pas turunan mbak, di situ mess-nya”
“Oh..iya makasih ya Pak”
Kami putar balik, karena ternyata itu jalan yang tadi kami lalui#huft...mungkin mas yang tadi itu masih baru kalii...jadi belum paham daerah sini-_-"#
Setelah beberapa lama akhirnya ketemu juga tempatnya, dan bapaknya ternyata sudah nunggu di depan Mess. setelah ngasih barang2 titipan, kami berpamitan.
Akhirnya kami melanjutkan perjalanan, pulang.
"Pintu gerbangnya dimana mbak? saya tadi ninggal KTP di sana, karena di setop sama petugasnya"
"Iya buk, lewat sini, nanti lurus aja"
Nyampe di pintu gerbang Halim, ada satu petugas yang mengatur keluar masuk kendaraan.
"Permisi Pak, saya mau ngambil KTP yang tadi dtinggalin di sini"
"Ke sebelah sana buk", sambil mnunjuk ke pos, yang di situ ada dua orang yang berjaga.
Si Ibuk memarkir motornya di pinggir. Kemudian salah satu petugas keluar. Mas2, tampangnya agak sangar #atau dibuat2 sangar ya?:D#. Aku masih berdiri dekat motor.
"Maaf pak, saya mau ngambil KTP sama STNK"
"Ibu. Tadi ibu dateng sendiri atau berdua??"
"Sendiri, Pak"
"Ibu tau... peraturan di sini, semua pengendara harus pake H-E-L-M!"
#Hegh! Oh my God.....aku lupaaa...kenapa tadi aku gak turun duluan ya*_*#
"Emm...gini pak, saya ini nyasar, baru pertama kali ke sini. Nah, bu guru ini tadi nolongin saya", suaranya agak gugup, si ibu menunjuk ke arahku.
"Iya pak,  tadi Ibu ini nyari alamat Mess Bambang Saptoadji, kebetulan ketemu saya, jadi saya ikut nganter", aku mendekat dan berusaha menjelaskan.
"Mbak ini juga baru di sini?"
"Iya, pak" #baru sekitar enam bulanan lah kira2, wkwkwk...#
"Harusnya buk, menurut peraturan, Ibu saya tilang, kalo gak percaya ibu bisa lihat di papan depan itu, di situ jelas!"
"Iya maaf pak, saya nggak tau"
"Ini karena Ibu baru di sini, saya cuma ngasih tau. Sekarang mbaknya jalan aja dulu sampe depan sana...takutnya nanti ada pak kepala ke sini"
"Owh, iya pak..makasih"
Huft...kami berlalu. Alhamdulillah gak jadi kena tilang. 
Aku terpaksa [sedikit] berbohong. Gimana ya...tadinya agak bingung. Kalo aku gak bilang 'baru di sini', urusannya bisa panjang, si ibu bisa ditilang*_*
Apapun yang terjadi, mohon ampuni aku ya Allah, atas apa yang telah kulakukan.
sumber gambar:ilhamrsd.wordpress.com

No comments:

Post a Comment