Saturday, February 11, 2012

[47] Balada Hari Ini

Jum’at, 10 Februari 2012
“Assalamu’alaikum..”
“Mbak Niiikk....wa’alaikumsalam”, suara girang itu kudengar ketika sang pemilik, Latifa namanya, menghambur ke arahku untuk membukakan pintu yang terkunci.
“Haaii Dek Tifa...gimana, udah sembuh belum?:)
“Udah mbak, hehe..”
“Ikhlaaaasss...mbak Ninik dateng. Buruan makannya.”
Adek kecilku itu terlihat masih nongkrong di depan TV ruang makan, ditemani sepiring nasi yang sudah hampir habis..
“Eh,,gakpapa, makan aja, mbak sholat dulu ya..”, aku langsung menuju kamar tempat biasa kami belajar untuk meletakkan tasku dan ambil air wudhu.
***
Waahh...adekku pengertian banget
Sebelum aku sholat ternyata Dek Ikhlas sudah masuk ke kamar. Ya...terpaksa dia nungguin aku sholat. Baru aja selesai sholat..
“Mbak,,,ayoo, belajar, aku ada PR nih”, pintanya sedikit tidak sabar.
“Iya,,pe er apa? tuh ambil karpetnya dulu gih, sama mejanya sekalian ya”, tanganku masih sibuk melipat mukena dan sajadah.
“PR IPS sama bahasa inggris mbak”
“Okeh...ntar kita kerjain sama2 yak...”
Baru aja aku buka bukunya, dia tiba2 berdiri..
“Eh, mbak..bentar ya tak bilangin dulu..”, dia berlalu keluar kamar.
Aku masih agak bingung apa maksudnya (bilangin apa, ke siapa), ketika tak berapa lama kudengar sayup2 dari ruang sebelah dia bilang pada mbaknya (pembantu).
‘Mbak Diah, bikinin aku teh ya...sama buat Mbak Ninik juga’
Waaah,,tumben nih anak, gak biasanya dia yang minta:D. Tanpa disuruh pun biasanya Mbak Diah juga selalu bawa secangkir teh buatku. Hmm..baiklah,trimakasih adek kecilku:)
***
Berikutnya kami mengerjakan pe er IPS, kubaca soalnya, dia yang jawab. Hmm...sepertinya pelajaran selain matematika jauh lebih menyenangkan buatnya. Sama ketika tiba waktunya membahas Pe eR bahasa inggris yang banyaknya tiga halaman itu, dia terlihat semangat menjawab pertanyaan2 yang ada, meskipun kadang lupa dengan arti kosakatanya dan harus membuka catatan.
Seringkali ketika mengajar, aku menyelinginya dengan sedikit intermezo. Kadang cerita (lebih sering kisah nabi, seperti yang dia suka), atau sekedar permainan jari untuk melatih koordinasi otak. Hari ini dia bertanya lebih jauh ketika aku bilang minumannya jangan ditiup.
“Kenapa mbak?”, tabiatnya memang selalu ingin tau
“Karena Rasulullah nyontohinnya gitu, jangan niup makanan atau minuman. Kalo panas ya baiknya dikipasin aja”
“Iya, tapi kenapa mbak gak boleh...”
“Karena gini...kita kan gak tau, mungkin di dalam mulut kita itu sebenernya ada banyak bakteri dan kuman, nah kalo kita niup makanan dan minuman, takutnya nanti kumannya masuk ke makanan dan bisa bikin kita sakit. Gak mau sakit kaan...?”, tanyaku retoris.
Dia hanya menampakkan senyum imutnya,,hehe..
***
_bersambung

No comments:

Post a Comment