Friday, January 13, 2012

[42] Daripada Pusing Mending Corat-coret

Suer! bukan maksud mengeluh ya..tapi bener, kali ini aku agak pusing (hehe..maap2). Padahal semalam tidur cukup, tadi juga alhamdulillah udah sarapan, minum air putih udh cukup banyak, sampe beberapa kali mondar mandir dari tempat duduk ke dispenser. 
Hmm...ngomong2 soal air, kawan pasti tau segimana pentingnya air untuk makhluk hidup, termasuk kita manusia. Sekitar 80% tubuh kita terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.
Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Sepanjang sejarah, air menjadi faktor penting dalam membentuk cara hidup, pengembangan teknologi, bahasa, dan budaya manusia. Kawan tentu masih ingat kisah bagaimana Siti Hajar dan Nabi Ismail mengawali sebuah peradaban baru setelah munculnya sumber air zam-zam.
 
Allah Swt dalam ayat ke-30 surat al-Anbiya berfirman, "... Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup …" Secara transparan Allah dalam ayat ini menyebut air sebagai sumber kehidupan. Dari ayat ini menurut penjelasan banyak riwayat dan tafsirnya dapat dipahami bahwa air menjadi tiang dan pokok bagi penciptaan ilahi. Air adalah ibu bagi segala fenomena alam. Dari ayat-ayat lain dengan jelas dapat dimengerti betapa Allah menisbatkan air untuk segala bentuk kehidupan dan keberadaan. Artinya, tanpa air kehidupan menjadi tidak bermakna.

Dalam banyak kasus penciptaan alam, ayat-ayat al-Quran menjelaskan penciptaan manusia, hewan, berkembangnya buah, rumput dan tanaman di dunia berasal dari air. Tampaknya bila menyelami lebih jauh ayat-ayat al-Quran hanya satu yang dapat disimpulkan bahwa air merupakan ciptaan Allah yang sangat bernilai setelah manusia. Setiap kehidupan sumbernya pasti berasal dari air yang menjadi nikmat dan anugerah Allah. Air memberikan kehidupan dan juga melindunginya. Bahkan air mensucikan segalanya.

Bila dicermati secara seksama, ayat-ayat al-Quran mengajak manusia agar meneliti lebih dalam akan nilai materi sumber kehidupan ini. Allah Swt dalam surat al-Waqi'ah ayat 68 berfirman, "Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum." Fenomena ucapan tasbih dari makhluk Allah merupakan satu hal penting yang dapat mengajak manusia memikirkan segala ciptaan-Nya. Allah Swt berfirman, "Semua yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah." Apakah sampai saat ini kita pernah bertanya kepada diri sendiri, apa makna dari tasbih dari makhluk ciptaan Allah ini? Makna dari tasbih mereka adalah seluruh alam semesta, tanpa kecuali, memiliki pengetahuan, pemahaman dan perasaan. Air juga demikian, bertasbih kepada Allah.

No comments:

Post a Comment